Rokok dan kegemukan

Pada dasarnya apabila anda ingin gemuk prinsipnya yaitu pemasukan lebih besar (makan) dari pada pengeluaran (feces), sedangkan apabila anda ingin kurus prinsipnya adalah kebalikannya yaitu pemasukan lebih kecil dari pada pengeluaran. Permasalahannya disini yaitu apabila kita merokok maka proses metabolisme akan terhambat yang berakibat pada berkurangnya nafsu makan. Tak bisa dipungkiri bahwa orang yang berhenti merokok memang sedikit bertambah gemuk, tapi manfaat kesehatan dari menjauhi rokok sebenarnya lebih besar.

Dalam satu tahun berhenti merokok, pada umumnya seseorang bisa naik sekitar 3,6 kilogram sampai 5 kilogram. Peningkatan berat badan yang paling terasa biasanya pada tiga bulan pertama.

Penelitian di Eropa yang dipublikasikan pada 10 Juli dalam jurnal BMJ versi online, menunjukkan, mereka yang berhenti merokok tanpa terapi pengganti nikotin rata-rata naik sekitar satu kilogram sebulan setelah berhenti. Dalam tiga bulan, kenaikannya bisa mencapai 2,9 kilogram.

Padahal, yang perlu diperhatikan adalah tetap merokok jauh lebih buruk bagi kesehatan ketimbang peningkatan beberapa kilogram berat badan.

Jika Anda sedang ingin menurunkan berat badan dan pada saat yang sama ingin berhenti merokok, maka usaha yang perlu dilakukan lebih berat. Karena itu disarankan untuk melakukan upaya berhenti merokok terlebih dahulu, baru kemudian menerapkan strategi menurunkan berat badan.