Apakah Rokok Termasuk Narkoba?

Adalah DR. Erna Hayati seorang pengurus IDI Kota Depok yang menyatakan bahwa rokok termasuk narkoba; di dalam kandungan rokok  terdapat sejumlah zat dengan gejala yang sama dengan Narkotika dan psikotropika (Narkoba).

Pernyataan tersebut disampaikannya dalam acara penyuluhan narkoba yang melibatkan tiga instansi yaitu Polres Depok, Badan Narkotika Kota (BNK), dan ikatan Dokter Indonesia (IDI) kepada ratusan pelajar SMP dan SMA di Di AULA Polres Metro Depok Sabtu(8/5).

“Mengapa rokok sama dengan narkoba, sebab yang pertama di dalam rokok terdapat zat adiksi yang menyebabkan kecanduan. Nah itu sama dengan narkoba dan ini merupakan ciri khas dari narkoba, yang kedua rokok juga menyebabkan sakaw yang menyebabkan seseorang sulit untuk melepaskan diri dari jeratan barang haram, yang ketiga rokok merupakan jalan untuk menuju narkotika awal,”ucapnya.

Bahayanya lagi adalah,  bahwa menggunakan rokok dan narkoba sama-sama bisa menyebabkan perubahan kimia pada otak dalam jangka panjang yang berdampak kematian ditempat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>